SELAMAT DATANG DI blog ku

Rabu, 02 September 2015

kota tercinta

Tempat asalku

    Gresik kota santri .Kota ku yang ramai akan pengunjung. Karena di situlah terdapat makam dua sunan. Sunan giri dan sunan malik ibrahim yang terdapat di kota gresik. Meski aku tidak pernah sekalipun berkunjung ke dua tempat tersebut. Di kota ini lah aku di lahirkan dan di besarkan. kota gresik yang terkenal dengan industri dan warung kopinya. Industri yang terkenal sangat lah banyak.
Salah satunya ialah semen gresik. di mana perusahaan yang mengolah semen yang di kirim di berbagai tempat di indonesia .Ada juga industri pupuk yang sering di kenal dengan PT Petrokimia.

  Gresik juga mempunyai kuliner yang khas yaitu nasi krawu,jubung ,bubur rumo,otak-otak bandeng,dan bonggolan. Semua makanan tersebut di olah dengan ciri khasnya masing-masing. Nasi krawu ialah nasi yang di kasih sayatan daging sapi,jeroan,serundeng,dan sambal terasi. Jubung ialah makanan yang di buat dari ketan hitan yang di taburi wijen.bubur rumo ialah bubur yang di bawahnya terdapat nasi atau lontong dan bubur ini berwarna oranye.Otak-otak bandeng ialah ikan bandeng yang di pisah daging dan kulit nya. Dagingnya di campur dengan bumbu lain.kemudian di masukkan dengan kulitnya dan di kukus kembali .yang terakhir ialah bonggolan. Yaitu mentahan dari krupuk yang digoreng tanpa di jemur. Semua makanan khas gresik sudah jarang sekali di temukan. Kecuali yang banyak beredar seperti nasi krawu.

   Bicara kuliner tanpa bicara tempat wisata kurang pas rasanya. Gresik mempunyai tempat wisata yang agak menarik. pulau bawean salah satu pulau yang masih sedikit penghuni dan kecil sekali. Di sana terdapat pantai yang menarik .tetapi pulau bawean sangat jauh dari pusat kota gresik. Ada juga pantai dalegan yang di sana terdapat pasir putih. Ada pula bukit jamur yang terletak di bungah gresik .Tempat ini baru terkenal di tahun 2014. Dan cuma bisa di kunjungi di hari sabtu dan minggu saja.

 Gresik juga mempunya kebiasaan unik yaitu pasar bandeng. Pasar ini hanya di buka di akhir bulan ramadhan sekitar H-3 dan H-2 sebelum lebaran. Di adakannya pasar baneng ini bertujuan agar orang Gresik mau tetap menambak ikan bandeng. Kemudian bila waktunya sudah tiba maka ikan bandeng tersebut di lelang seberapa besar dan beratnya. Tidak cepat untuk mendapatkan ikan yang besar perlu waktu bertahun-tahun untuk memeliharanya. Makanya terkadang juga ada yang beratnya puluhan hingga ratusan kilo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar